KABA Malu ke AIBAA
di Rumah Maria Bete Asa Senin 3 September 2012. Perekam Adat Suku Bunak ini
adalah P. Benediktus Bere Mali SVD. Ada bagian - bagian penting adat LAL GUJU
Suku Bunaq yaitu Si Giwitar Pak, Tais Hota, Kaba. Video sederhana ini adalah bagian
Kaba. Kata Kaba berarti memberi berkat.Pemberi berkat adalah Malu yang melahirkan Aibaa. Penerima berkat adalah
Aibaa yang lahir dari Malu. Malu itu disamakan sebagai orang tua. Aibaa itu
disamakan dengan anak. Berkat dari orang tua kepada anak adalah intisari dari
Kaba adat utama dalamLAL GUJU artinya
adat kematian Suku Bunaq. Berkat itu didahului damai pihak malu dengan aibaa
yang konflik dalam multidimensi menuju damai dalam multidimensi. Kekuatan damai
itu diikat oleh denda adat. Malu memberi kain adat. Aibaa memberi uang sesuai
harga kain adat. Serahterima uang dan kain adat damai dalam multidimensi itu
adalah puncak usainya konflik masa lalu dalam multidimensi. Kini menghadapi dan
menjalani masa depan dengan berkat damai dari Malu sebagai orang tua kepada
Aibaa sebagai anak dalam silsilah Malu dengan Aibaa. Ritus ini abadi. Malu
memberi berkat. Aibaa memberi uang di opa atau kotak yang disimpan di samping
pemberi berkat. Ikatan damai ini selalu dilaksanakan dalam ritus lengkap adat
LAL GUJU atau adat kenduri atau kematian dalam Suku Bunaq.
Adat Kenduri yang
terdiri dari Si Giwitar Pak, Tais Hota dan Kaba memuat inti yang sama. Kematin
fisik bukan menghancurkan persatuan dan kedamaian ikatan kekeluargaan. Kematian
itu awal kehidupan. Si Giwitar pak adalah ritus menghapuskan penghalang jalan bagi
yang meninggal bergabung dengan mereka yang yang telah meninggal dan berbahagia
di dalam Rumah Adat Abadi di seberang. Persatuan dengan para leluhur yang sudah
berbahagia itu hidup dalam persatuan antara keluarga yang ditinggalkan.
Sekaligus persatuan dalam spirit antara keluarga yang telah meninggal dengan
keluarga yang ditinggalkan. Persatuan dan kedamaian itu mencakup dengan yang
sudah meninggal dan yang masih hidup dan antara yang masih hidup. Hal itu
dihidupi di dalam Adat SI GIWITAR PAK. TAIS HOTA dan KABA. Artinya kematian
adalah awal kehidupan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar