Jumat, April 19, 2013

Makna Ritus Adat TAIS HOTA ASUEMAN SUKU BUNAQ

TAIS HOTA :
BANGUN PERSAUDARAAN ABADI
BUKAN KONFLIK

*P. Benediktus Bere Mali, SVD*

Ritus adat tais hota adalah ritus adat yang membangkitkan kembali ingatan akan asal usul setiap anggota suku Bunaq. Setiap anak suku Bunaq lahir dalam keadaan telanjang.  Lembaran kain adat sudah disiapkan kedua orang tua untuk mentupi tubuh bayi yang lahir dalam keadaan telanjang.  Ritus adat Tais hota membangkitkan kembali penghormatan anak terhadap orang tua. Anak mengucap syukur kepada orang tua yang melahirkan dalam keadaan telanjang kemudian orang tua menyiapkan kain adat sebagai penutup badan bayi anak yang baru lahir.
Siapakah yang dimaksud dengan anak dan orang tua dalam Ritus Adat Tais Hota?  Pertama-tama orang tua dan anak yang dimaksud adalah orang tua kandung yang melahirkan kita sebagai anak. Ritus adat kematian membangkitkan kesadaran atau ingatan penuh bahwa setiap orang bukan jatuh daru langit atau tumbuh dari dalam tanah, tetapi dikandung dan dilahirkan oleh seorang ibu. Setiap orang melalui adat ini menghormati orang tua yang melahirkan.
Kedua yang dimaksud dengan orang tua adalah MALU dan yang dimaksud dengan anak adalah Aiba'a. Ritus adat Tais Hota adalah ritus menghormati anak terhadap orang tua. Ritus abadi saling menghormati antara Malu dengan Aiba'a. Bentuk penghormatan itu secara nyata. MALU menyediakan kain adat. AIBAA membeli Kain Adat. Pembeli membeli Kain adat yang dijual dengan Harga Persaudaraan dan penghormatan. Tais Hota membangkitkan ikatan persaudaraan abadi bukan konflik abadi. Setiap orang boleh mengambil makna dengan melihat video TAIS HOTA berikut.
Tais Hota khas Aueman SUKU BUNAK di Rumah Maria Bete Asa pada Senin 3 September 2012. Perekam P. Benediktus Bere Mali SVD.  Lihat Adat Tais Hota  1- 17 di Youtobe : http://youtu.be/WbyAFqGMxUg   dan http://youtu.be/kPC9JU7L-9g
Tais Hota adalah satu bagian penting dari ritus adat kenduri Suku Bunaq. Adat kenduri ini selalu disebut sebagai adat kematian. Sebutan ini kurang tepat. Mengapa? Karena Kenduri Suku Bunaq bukan berpuncak pada kematian tetapi menuju kehidupan. Kehidupan di dunia menuju kehidupan setelah kematian. Maka bagi saya adat kenduri Suku Bunaq adalah bukan adat kematian tetapi adat kehidupan.

Makna Ritus Adat TAIS HOTA ASUEMAN SUKU BUNAQ

TAIS HOTA :
BANGUN PERSAUDARAAN ABADI
BUKAN KONFLIK

*P. Benediktus Bere Mali, SVD*

Ritus adat tais hota adalah ritus adat yang membangkitkan kembali ingatan akan asal usul setiap anggota suku Bunaq. Setiap anak suku Bunaq lahir dalam keadaan telanjang.  Lembaran kain adat sudah disiapkan kedua orang tua untuk mentupi tubuh bayi yang lahir dalam keadaan telanjang.  Ritus adat Tais hota membangkitkan kembali penghormatan anak terhadap orang tua. Anak mengucap syukur kepada orang tua yang melahirkan dalam keadaan telanjang kemudian orang tua menyiapkan kain adat sebagai penutup badan bayi anak yang baru lahir.
Siapakah yang dimaksud dengan anak dan orang tua dalam Ritus Adat Tais Hota?  Pertama-tama orang tua dan anak yang dimaksud adalah orang tua kandung yang melahirkan kita sebagai anak. Ritus adat kematian membangkitkan kesadaran atau ingatan penuh bahwa setiap orang bukan jatuh daru langit atau tumbuh dari dalam tanah, tetapi dikandung dan dilahirkan oleh seorang ibu. Setiap orang melalui adat ini menghormati orang tua yang melahirkan.
Kedua yang dimaksud dengan orang tua adalah MALU dan yang dimaksud dengan anak adalah Aiba'a. Ritus adat Tais Hota adalah ritus menghormati anak terhadap orang tua. Ritus abadi saling menghormati antara Malu dengan Aiba'a. Bentuk penghormatan itu secara nyata. MALU menyediakan kain adat. AIBAA membeli Kain Adat. Pembeli membeli Kain adat yang dijual dengan Harga Persaudaraan dan penghormatan. Tais Hota membangkitkan ikatan persaudaraan abadi bukan konflik abadi. Setiap orang boleh mengambil makna dengan melihat video TAIS HOTA berikut.
Tais Hota khas Aueman SUKU BUNAK di Rumah Maria Bete Asa pada Senin 3 September 2012. Perekam P. Benediktus Bere Mali SVD.  Lihat Adat Tais Hota  1- 17 di Youtobe : http://youtu.be/WbyAFqGMxUg   dan http://youtu.be/kPC9JU7L-9g
Tais Hota adalah satu bagian penting dari ritus adat kenduri Suku Bunaq. Adat kenduri ini selalu disebut sebagai adat kematian. Sebutan ini kurang tepat. Mengapa? Karena Kenduri Suku Bunaq bukan berpuncak pada kematian tetapi menuju kehidupan. Kehidupan di dunia menuju kehidupan setelah kematian. Maka bagi saya adat kenduri Suku Bunaq adalah bukan adat kematian tetapi adat kehidupan.

Rabu, April 17, 2013

Homili Rabu 17 April 2013



Homili Rabu 17 April 2013
Kis 8 : 1b – 8
Mzm 66 : 1 -3a.4-5.6-7a
Yoh 6 : 35 – 40

“PIHAK  C  DALAM  KONFLIK A – B”
*P. Benediktus Bere Mali, SVD*

Kehidupan kita diwarnai suka dan duka. Kehidupan kita juga diwarnai damai dan konflik. Pengalaman demikian dialami mulai di dalam komunitas mikro hingga komunitas makro. Misalnya konflik dalam komunitas mikro, dalam keluarga konflik antara kakak dengan adik, bapa dengan mama, orang tua dengan anak-anak, keluarga A dengan keluarga B. Contoh, dalam komunitas makro misalnya konflik antara suku A dengan Suku B, antara pulau A dengan Pulau B, antara Agama A dengan Agama B, antara Negara A dengan Negara B, antara Benua A dengan Benua C dan seterusnya.
Pihak A dengan B yang sedang konflik menutupi pintu menuju jalan kerukunan dan kedamaian. Pembuka pintu damai itu datangnya dari pihak C atau pihak ketiga. Misalnya kalau kakak dengan adik sedang konflik di dalam sebuah keluarga, pihak ketiga dalam hal ini orang tua mengambil inisiatif memberikan pengertian kepada pihak-pihak yang konflik untuk mencari dan menemukan “win-win solution” yang menguntungkan Pihak A dengan Pihak B atau tidak merugikan pihak A dan Pihak B. Masing-masing pihak menerima pihak C untuk menggunakan “win-win solution” maka di situlah kembali membangkitkan kerukunan dan kedamaian antara kedua belah pihak.
 Para Rasul mewartakan Kebangkitan Tuhan dan mengadakan mujizat di dalam nama Yesus di seluruh wilayah kecuali di wilayah Samaria. Para Rasul adalah berdarah bangsa Yahudi. Pandangan Yahudi terhadap bangsa Samaria sangat negatif. Orang Samaria adalah orang kafir sedangkan orang Yahudi adalah orang beriman. Pola pandangan ini diwariskan sejak jaman leluhur secara turun-temurun hingga memasuki alam bawah sadar Para Rasul. Ketidaksadaran Para Rasul itu membuat  pewartaan Injil kepada segala bangsa kecuali Samaria.
Tuhan Yesus yang telah bangkit membangkitkan kesadaran baru bahwa KeselamatanNya bagi dunia dan manusia sebenarnya melintas batas. Jurang perpedaan dan konflik alam bawah sadar itu diangkat ke permukaan kesadaran. Tuhan Yesus yang telah bangkit membangkitkan Filipus pergi mewartakan kebangkitan Tuhan Yesus kepada bangsa Samaria dan melakukan mujizat penyembuhan di Samaria. Pewartaan Filipus itu membawa hasil yang sangat memuaskan. Banyak orang Samaria dengan sebulat hati menerima pewartaan Injil dan Mujizat yang dilakukan di dalam nama Yesus yang sudah bangkit. Banyak orang Samaria dengan sebulat hati mengakui dan mengimani Tuhan Yesus yang telah bangkit sebagai Tuhan yang mereka nanti-nantikan kedatanganNya.
Keberhasilan misi Pewartaan Injil oleh Filipus di Samaria ini karena Filipus berpandangan bahwa Keselamatan Yesus Kristus yang telah bangkit itu bersifat umum universal bagi semua orang melintas batas. Tuhan adalah Allah semua orang. KeselamatanNya untuk semua orang lintas batas. Filipus adalah orang Yunani. Bangsa Yunani dikenal dunia sebagai bangsa yang melahirkan Filsafat. Orang yang berfilsafat melihat segala sesuatu dari segi multidimensi. Pandangan Filipus senantiasi diwarnai oleh kemanusiaan universal dan keimanan yang berkemanusiaan. Filipus orang Yunani dijiwai oleh keluasan dalam berpikir, berkata-kata dan berkeputusan di dalam misi perutusannya. Filipus diterima Orang Samaria. Kedatangan Filipus dan pewartaan kebangkitanNya di Samaria serta mujizat yang dilakukan dalam nama Tuhan Yesus yang telah bangkit, menghapus noda stereotype bangsa Samaria sebagai bangsa kafir di mata bangsa Yahudi. Filipus menjadi pribadi yang menyatukan bangsa Yahudi dengan bangsa Samaria dalam iman kepada Tuhan Yang Sama Yaitu Tuhan Yesus yang telah bangkit. Filipus berhasil, sukses mendamaikan akar konflik antara bangsa Yahudi dengan Bangsa Samaria. Filipus tampil sebagai pihak C atau pihak ketiga yang mendamaikan pihak A dengan pihak B yang sedang konflik. Filipus menjadi jembatan pendamai yang baik dan benar antara pihak-pihak yang konflik.
Kita menjadi air membawa kesejukan damai bagi sesama atau api yang menyalakan konflik antara sesama? Kita semestinya hadir sebagai orang yang membangkitkan sesama di dalam segala bidang segi kehidupan bagi kemajuan dan perkembangan diri sesama secara baik dan benar, bukan menyalibkan sesama dalam multidimensi.  Pengalaman paskah ada kalau kita membangkitkan sesama bukan menyalibkan sesama.


Pihak Ketiga dalam Manajemen Konflik



Homili Rabu 17 April 2013
Kis 8 : 1b – 8
Mzm 66 : 1 -3a.4-5.6-7a
Yoh 6 : 35 – 40

“PIHAK  C  DALAM  KONFLIK A – B”
*P. Benediktus Bere Mali, SVD*

Kehidupan kita diwarnai suka dan duka. Kehidupan kita juga diwarnai damai dan konflik. Pengalaman demikian dialami mulai di dalam komunitas mikro hingga komunitas makro. Misalnya konflik dalam komunitas mikro, dalam keluarga konflik antara kakak dengan adik, bapa dengan mama, orang tua dengan anak-anak, keluarga A dengan keluarga B. Contoh, dalam komunitas makro misalnya konflik antara suku A dengan Suku B, antara pulau A dengan Pulau B, antara Agama A dengan Agama B, antara Negara A dengan Negara B, antara Benua A dengan Benua C dan seterusnya.
Pihak A dengan B yang sedang konflik menutupi pintu menuju jalan kerukunan dan kedamaian. Pembuka pintu damai itu datangnya dari pihak C atau pihak ketiga. Misalnya kalau kakak dengan adik sedang konflik di dalam sebuah keluarga, pihak ketiga dalam hal ini orang tua mengambil inisiatif memberikan pengertian kepada pihak-pihak yang konflik untuk mencari dan menemukan “win-win solution” yang menguntungkan Pihak A dengan Pihak B atau tidak merugikan pihak A dan Pihak B. Masing-masing pihak menerima pihak C untuk menggunakan “win-win solution” maka di situlah kembali membangkitkan kerukunan dan kedamaian antara kedua belah pihak.
 Para Rasul mewartakan Kebangkitan Tuhan dan mengadakan mujizat di dalam nama Yesus di seluruh wilayah kecuali di wilayah Samaria. Para Rasul adalah berdarah bangsa Yahudi. Pandangan Yahudi terhadap bangsa Samaria sangat negatif. Orang Samaria adalah orang kafir sedangkan orang Yahudi adalah orang beriman. Pola pandangan ini diwariskan sejak jaman leluhur secara turun-temurun hingga memasuki alam bawah sadar Para Rasul. Ketidaksadaran Para Rasul itu membuat  pewartaan Injil kepada segala bangsa kecuali Samaria.
Tuhan Yesus yang telah bangkit membangkitkan kesadaran baru bahwa KeselamatanNya bagi dunia dan manusia sebenarnya melintas batas. Jurang perpedaan dan konflik alam bawah sadar itu diangkat ke permukaan kesadaran. Tuhan Yesus yang telah bangkit membangkitkan Filipus pergi mewartakan kebangkitan Tuhan Yesus kepada bangsa Samaria dan melakukan mujizat penyembuhan di Samaria. Pewartaan Filipus itu membawa hasil yang sangat memuaskan. Banyak orang Samaria dengan sebulat hati menerima pewartaan Injil dan Mujizat yang dilakukan di dalam nama Yesus yang sudah bangkit. Banyak orang Samaria dengan sebulat hati mengakui dan mengimani Tuhan Yesus yang telah bangkit sebagai Tuhan yang mereka nanti-nantikan kedatanganNya.
Keberhasilan misi Pewartaan Injil oleh Filipus di Samaria ini karena Filipus berpandangan bahwa Keselamatan Yesus Kristus yang telah bangkit itu bersifat umum universal bagi semua orang melintas batas. Tuhan adalah Allah semua orang. KeselamatanNya untuk semua orang lintas batas. Filipus adalah orang Yunani. Bangsa Yunani dikenal dunia sebagai bangsa yang melahirkan Filsafat. Orang yang berfilsafat melihat segala sesuatu dari segi multidimensi. Pandangan Filipus senantiasi diwarnai oleh kemanusiaan universal dan keimanan yang berkemanusiaan. Filipus orang Yunani dijiwai oleh keluasan dalam berpikir, berkata-kata dan berkeputusan di dalam misi perutusannya. Filipus diterima Orang Samaria. Kedatangan Filipus dan pewartaan kebangkitanNya di Samaria serta mujizat yang dilakukan dalam nama Tuhan Yesus yang telah bangkit, menghapus noda stereotype bangsa Samaria sebagai bangsa kafir di mata bangsa Yahudi. Filipus menjadi pribadi yang menyatukan bangsa Yahudi dengan bangsa Samaria dalam iman kepada Tuhan Yang Sama Yaitu Tuhan Yesus yang telah bangkit. Filipus berhasil, sukses mendamaikan akar konflik antara bangsa Yahudi dengan Bangsa Samaria. Filipus tampil sebagai pihak C atau pihak ketiga yang mendamaikan pihak A dengan pihak B yang sedang konflik. Filipus menjadi jembatan pendamai yang baik dan benar antara pihak-pihak yang konflik.
Kita menjadi air membawa kesejukan damai bagi sesama atau api yang menyalakan konflik antara sesama? Kita semestinya hadir sebagai orang yang membangkitkan sesama di dalam segala bidang segi kehidupan bagi kemajuan dan perkembangan diri sesama secara baik dan benar, bukan menyalibkan sesama dalam multidimensi.  Pengalaman paskah ada kalau kita membangkitkan sesama bukan menyalibkan sesama.


Selasa, April 16, 2013

Homili Selasa 16 April 2013


Homili Selasa 16 April 2013
Kis 7 : 51 – 8 : 1a
Mzm 31 : 3cd-4.6ab.7b.8a.17.21ab
Yoh 6 : 30 – 35

“PRIBADI VOKAL DALAM  INSTITUSI  SANHEDRIN”
*P. Benediktus Bere Mali, SVD*

Seorang yang ada dan hidup di antara kelompok mayoritas memiliki strategi hidup adaptif yang cerdas agar menerima pengakuan di dalam hidup dan keberadaannya sebagai yang minoritas atau sebatang kara dari latarbelakangnya yang hampir seratus persen berbeda dengan kelompok mayoritas homogen yang mengitarinya. Pribadi yang adaptif cerdas ini bisa membangun hidup dalam kekokohan culturnya yang dibawanya sejak dalam rahim ibunya dan bisa jadi hidup bertopeng “dasamuka” sesuai konteks dimana dia ada agar kehidupannya selalu tidak menjadi ancaman bagi kelompok mayoritas yang ditinggallinya. Keberadaannya seperti ini boleh jadi membuat dia semakin matang hidup dalam lintas kultur tetapi bisa jadi hidup adaptif seperti ini membawa dia menjadi pribadi yang “ikut arus” mencari aman yang memandulkan peran kekritisannya dalam membentuk kepribadian yang matang secara intelektual dan spiritual. Kehidupannya bisa jadi menjadi seperti bunglon di tempat hijau berubah warna tubuhnya hijau, di daerah coklat, tubuhnya berwarna coklat. Di daerah hitam menampilkan diri berwarna hitam. Di daerah abu-abu menampilkan tubuhnya yang berwarna abu-abu. Lantas semestinya seorang pribadi memiliki prinsip seperti apa ketika hidup di antara kelompok mayoritas yang mendominasinya dalam segala lini bidang kehidupan?
Bacaan Pertama hari ini menampilkan Prinsip Hidup Pribadi yang dewasa dalam dunia kenabian ketika hidup di dalam mayoritas kelompok tertentu yang berperan dalam segala lini bidang kehidupan bersama, termasuk dalam bidang ekonomi, kekuasaan, spirtualitas, yang disistematisasi di dalam Institusi yang kokoh yang melegitimasi semua bidang kehidupan bersama.  Stefanus hidup dalam lingkup Institusi Keagamaan Bangsa Yahudi. Sanhedrin yang berpengaruh di dalam kehidupan bangsa Yahudi telah melakukan banyak kebaikan yaitu meneruskan tradisi leluhur yang tertulis di daam Kitab Musa yang menjadi pedoman kehidupan mereka. Tetapi Tradisi itu telah dimanfaatkan untuk menempatkan kelompok Sanhedrin menjadi tuhan di dalam hidup bersama. Tuhan yang sesungguhnya datang ke dunia, yang menjadi nyata di dalam diri Tuhan Yesus telah mereka bunuh agar mereka tetak eksis sebagai tuhan. Kalau Tuhan Yesus diberi kesempatan maka tuhan mereka mengalami kematian. Lebih baik Tuhan Yesus dibunuh daripada tuhannya mati karena kalah saing dengan Tuhan yang sejati menjadi nyata dalam diri Yesus.
Stefanus mengalami peristiwa pembunuhan Tuhan oleh Sanhedrin. Pewartaan secara langsung kepada Sanhedrin bahwa Tuhan Yesus telah bangkit setelah Sanhedrin menangkap, menyiksa, menganiayah, menyalibkan, mematikan atau membunuh, kemudian dimakamkan dan pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati, menampakan diri kepada para Rasul dan memberikan kuasa kepada Para Rasul mewartakan kebangkitanNya dan melakukan mujizat dalam nama Tuhan Yesus yang telah bangkit. Kesaksian Stefanus sebagai keomunitas mikro itu memerahkan telingah sekaligus membangkitkan amarah tidak berakal budi dan berhati nurani yang bening, dalam mengkritisi sikap kenabian Stefanus. Kelompok mayoritas Sanhedrin membela diri dengan berprinsip membenarkan diri yang sebetulnya berada pada pihak yang salah, dan mempersalahkan Stefanus yang mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. Puncak kemarahan Sanhedrin itu tiba pada pembunuhan Stefanus seorang diri yang minoritas dalam kebesaran mayoritas institusi Keagamaan Yahudi yang melegitimasi yang salah adalah benar dan yang benar adalah salah.
Peran kenabian Stefanus itu bangkit di dalam dirinya yang berani secara langsung menelanjangi kebohongan sistematis Sanhedrin di depan publik itu lahir dari kekuatan yang datang dari Roh Kebangkitan Tuhan Yesus yang menyertainya. Stefanus makan makanan Rohani yang berasal dari Tuhan Yesus yang memberikan kehidupan yang kekal kepadanya. Saat dia mengakhiri hidupnya karena dibunuh oleh Sanhedrin, Stefanus melihat ke atas dan melihat Yesus lalu melihat mereka yang menganiayahnya dan mengampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan atas dirinya. Kekuatan makanan Rohani dari Yesus adalah kuasa yang luar biasa membawa “tanpa kekerasan”  bagi semua orang termasuk kepada para musuh yang sadis dan bengis.
Makanan Rohani itu ada dalam diri Yesus sebagai Roti Hidup dan Air Hidup. Setiap orang makan Roti Hidup pasti memperoleh hidup yang kekal. Setiap orang yang minum Air Hidup akan mengalami kepuasan kekal. Air Hidup dan Roti Hidup itu ada dalam Ekaristi Kudus.  Mujizat Roti dan Anggur berubah menjadi Tubuh dan Darah Kristus itu terjadi di dalam tangan Imam Yang Tertahbis yang merayakan Perayaan Ekaristi Kudus. Seperti seorang ibu di dapur yang setiap hari menyediakan makanan fisik bagi anak-anaknya dan seluruh anggota keluarganya, demikian juga seorang imam tertahbis setiap hari di dapur Ekaristi Kudus menyediakan makanan rohani bagi umat manusia yang dilayaninya.  Imam hadir menyediakan makanan rohani bagi semua orang agar memperoleh hidup kekal dalam diri Tuhan Yesus. Iman akan Yesus sebagai makanan Rohani bagi semua orang untuk memperoleh hidup yang kekal itu adalah benar dan baik bagi semua orang lintas kultur. Perayaan Ekaristi lahir dari Imam yang benar dan baik bagi semua orang lintas kultur. Bukan Imam yang dikuasai oleh kebohongan publik dan kejahatan publik yang merayakan Ekaristi, yang mendatangkan malapetaka abadi bagi dirinya sendiri dan bagi sesamanya yang dilayaninya.