Senin, November 26, 2012

Kotbah Misa Harian, Selasa 27 November 2012



MASA ANTARA
KELAHIRAN DAN AKHIR ZAMAN

(Why 14:14-20; Luk 21:5-11)
Kotbah Misa Harian
Selasa 27 November 2012
di Soverdi Surabaya

P. Benediktus Bere Mali, SVD


Pada akhir zaman, semua orang itu diumpamakan sebagai padi tuaian yang dikumpulkan di dalam sebuah lahan untuk segera disaring dan diseleksi. Padi yang berisi akan disimpan di dalam tempat yang baik dan mendukung keselamatannya. Padi yang tidak berisi dimasukkan ke dalam sampah atau dibuang atau dibakar.


Penyaring atau penyeleksi itu siapa? Penyeleksi adalah Anak Manusia yang sudah datang pertama ke dunia dan dalam kedatanganNya yang kedua, pada akhir zaman, menjadi penyeleksi manusia berdasarkan takaranNya sendiri.



Apa takaran itu? Ukuran yang dipakai adalah SabdaNya yang telah disampaikanNya dalam kedtanganNya yang pertama. Setiap orang yang mengikuti aturan atau Hukum Cinta Kasih dalam hidupnya dia akan mendapat tempat istimewa dalam seleksi akhir zaman. Sebaliknya mereka yang melawan hukum Cinta KasihNya akan menempati tempat yang tidak layak.


Latarbelakang pembicaraan ini berdasarkan latarbelakang penulisan Kitab Wahyu. Kitab ini ditulis kepada umat Kristiani yang percaya kepada Kristus dan hidup dalam masa penganiayaan dan penindasan, pada zaman kekaisaran Romawi yang berkuasa dan menjajah umat Kristen yang percaya kepada Kristus. Tujuannya adalah, supaya umat Kristiani tetap tabah dan setia kepada Kristus dalam pengejaran dan penganiayaan penjajahan Romawi.  


Mereka diberikan janji dalam iman kepada Kristus, melalui penglihatan Yohanes dalan Kitab Wahyu bahwa setiap orang yang tetap setia pada Kristus dalam suka dan duka hidupnya, akan diselamatkan pada penghakiman akhir zaman. Sedangkan mereka yang mengalami keruntuhan iman dalam hidup suka dan dukanya, akan mengalami tanpa keselamatan pada akhir zaman.


Pertanyaan kita adalah kapan akhir zaman itu datang? Apa perbedaan antara akhir zaman tiba dengan akhir zaman datang tiba-tiba? Apa yang perlu dilakukan hidup pada masa antara kelahiran dan akhir zaman atau kematian? Tibanya akhir zaman tak seorang pun yang tahu. Sama seperti tibanya kematian itu tak seorang pun yang tahu, kecuali Bapa di Surga. Yang pasti bahwa menurut iman kita pasti datang akhir zaman itu. Sama seperti kedatangan kematian manusia itu adalah pasti kedatangannya. Karena Akhir Zaman itu pasti datang, seperti kematian pasti datang, maka harus pasti menentukan persiapan kita menyambut akhir zaman yang datang secara tiba-tiba. Kedatangan akhir zaman itu tiba-tiba berarti kedatangannya tidak diberitahu lebih dahulu dan juga penyambutan kedatangannya pun tanpa sebuah persiapan publik kecuali persiapan personal.


Berbicara soal kedatangan akhir zaman adalah persoalan iman. Dan berbicara tentang iman berarti pembicaraan tentang persoalan pribadi orang beriman kepada Tuhannya. Akhir zaman itu datang dengan tiba-tiba tanpa menuntut gerakan masal persiapan kecuali persiapan personal sepanjang waktu setiap saat. Orang yang setiap saat pada setiap tempat tetap berprinsip mempersiapkan diri menyambut kedatangan akhir zaman, pasti memperoleh upah dari Tuhan yaitu keselamatan nan abadi di surga. Orang yang hidup tanpa persiapan rohani ketika datangnya akhir zaman bagaikan pencuri, maka akan dijauhkan dari keselamatan.


Pada akhir zaman itu adalah saat akhir segala-galanya, termasuk persiapan. Tidak ada kata injury time untuk mempersiapkan diri agar diselamatkan. Tidak ada masih memiliki peluang untuk memperbaiki diri agar diselamatkan. Mengapa? Karena Tuhan Yesus sudah datang untuk pertama kalinya memberikan SabdaNya menjadi sumber keselamatan bagi kita. Dan selama hidup beriman kepadaNya, kita adalah subyek yang dapat menata diri berdasarkan sabdaNya sebagai takaran untuk diselamatkan pada tuaian pengahakiman terakhir atau akhir zaman yang disamakan dengan datangnya kematian kita.


Maka bagi kita yang masih ada dan hidup pada masa antara kedatangan Kristus untuk pertama dan kedatanganNya yang kedua ini, antara kelahiran dengan kematian kita, masa antara ini kita gunakan dan kita mengisinya dengan prinsip tetap setia pada Kristus di setiap waktu dan di segala tempat. Dengan demikian kita tidak perlu takut menyambut kedatangan akhir zaman atau kematian kita. Persiapan kita membuat kita percaya diri dan tenang menghadapi akhir zaman.

Minggu, November 25, 2012

Kotbah Misa Harian, Senin 26 November 2012



MEMBANTU DARI KEKURANGAN

Why 14:1-3.4b-5; Luk 21:1-4
Kotbah Misa Harian
Senin 26 November 2012
Di Soverdi Surabaya

P. Benediktus Bere Mali, SVD



Manusia adalah makluk saling membantu. Ayah membantu ibu dan ibu membantu ayah. Orang tua membantu anak-anak dan anak-anak membantu orang tua. Para pendidik membantu anak didik menjadi orang yang terdidik, dan anak didik membantu pendidik dengan mendengarkan pendidik. Petani membantu sesama dengan hasil pertanian dan sesama membantu membeli hasil pertaniannya. Majikan membantu bawahannya dengan gaji yang cukup dan layak dan bawahan membantu mengerjakan pekerjaan majikan atau perusahaan majikan. Pastor membantu umat dan umat membantu imam.



Kehadiran dan keberadaan manusia senantiasa diwarnai dengan adanya pertolongan sesama sekitar. Apakah manusia merasa memiliki lebih baru membantu sesama? Apakah manusia memberikan subsidi setelah dirinya memiliki kelebihan? Apakah dalam kekurangan pun manusia terpanggil untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada sesama? Bagaimana seharusnya membantu sesama?



Tuhan menghendaki manusia memberikan dari apa yang dimilikinya. Tuhan tidak memaksakan orang memberikan apa yang tidak dimilikinya. Tetapi Tuhan tidak menghendaki orang memberikan bantuan atau sumbangan setelah memiliki kelebihan kepada sesamanya. Tuhan memanggil manusia untuk membantu sesamanya dari kekurangan dan solidaritas dengan sesama dari kekurangannya.



Kelebihan dulu baru membantu itu artinya membuang sampah kepada sesama. Kelebihan dulu baru membantu itu artinya orang lain menjadi tempat pembuangan sampah. Bantuan dari kelebihan bukanlah yang dikehendaki oleh Tuhan yang Maha Murah. Bantuan dari kekurangan itulah yang dikehendaki oleh Tuhan. Tunjukkanlah buktinya?



Perempuan Janda dikedepankan  di dalam bacaan Injil Hari ini karena ia memberikan sumbangan dari kekurangannya bahkan seluruh nafkahnya.  Pemberiannya itu dibedakan dari orang-orang lain yang memberikan dari kelebihannya. 


Pemberian dari kekurangan itulah yang membangkitkan kesadaran baru bagi para pengikut Tuhan. Memberikan kepada sesama dan Tuhan jangan menunggu sampai memiliki lebih baru membantu atau memiliki lebih lalu karena tidak ada tempat untuk menyimpannya lalu menjadikan orang lain sebagai tempat sampah atas nama bantuan atau pertolongan.



Bantuan dari kekurangan berarti membantu dari apa saja yang sedang dimiliki pada saat ini dan di sini karena apa yang dimiliki adalah titipan dan pemberian Tuhan sendiri. Kita adalah penerima rahmat Tuhan dan sekaligus sebagai penyalur rahmat Tuhan itu kepada sesama. Kita adalah kaki tangan Tuhan dalam menjalankan rahmatNya kepada sesama  sehingga semua orang melalui kita sebagai tangan kanan Tuhan mengalami rahmat Tuhan. Kita menerima banyak hal dari Tuhan sebagai pemilik utama segala sesuatu yang kita miliki. Dengan pandangan iman seperti ini maka sebetulnya kita ada untuk senantiasa membantu dan menolong sesama. Membantu sesama dari kekurangan bukan dari kelebihan.



Apakah kita membantu dikala kita sendiri memiliki sedikit? Atau kita membantu sesama karena kita telah memiliki lebih banyak? Dalam sebuah pertemuan bergengsi, karena dihadiri oleh para pengikut Tuhan Yesus, salah satu tema yang didiskusikan adalah membangun solidaritas antara para pelayan Tuhan yang ada di Kota dengan yang ada di daerah pedalaman. Ada diskusi yang cukup hangat karena ada banyak orang yang berpendapat bahwa bersikap solider dengan sesama harus lahir dari kelebihan bukan dari kekurangan. Apa takaran kelebihan dan kekurangan dalam solidaritas dengan sesama? Orang Kota dengan alasan banyak kebutuhan tingkat kota sehingga uang berapapun yang dimiliki selalu dilihat secara tidak cukup. Maka kelebihan pun tidak datang-datang pada orang yang melayani di Kota. Solidaritas dengan mereka yang di desa atau daerah pedalaman pun tidak pernah terjadi. 



Diskusi itu pun akhirnya mengambil satu kesimpulan bahwa untuk solider dengan sesama, kita harus membangun paradigma solidaritas yang lahir dari kekurangan bukan  dari kelebihan. Pola ini yang akan membantu kita untuk memulai membantu sesama. Pandangan ini menjadi pola bagi perilaku solider dengan sesama. Semua hadirin menyadari  bahwa ini adalah sebuah pola yang tepat untuk bersikap solider dengan sesama khususnya antara pelayan di kota dengan di desa. Dengan itu terjadi pemerataan dalam pelayanan, baik secara rohani maupun secara fisik material. Mari kita membantu dari kekurangan bukan dari kelebihan.

Sabtu, November 24, 2012

Kotbah KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM, Minggu 25 November 2012




KONSEP RAJA
DALAM HARI RAYA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM


Dan 7:13-14; Why 1:5-8; Yoh 18:33b-37
Misa Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam,
di Soverdi Surabaya, Minggu 25 November 2012


P. Benediktus Bere Mali, SVD 


Seorang Raja dalam menjalankan Kerajaannya harus memenuhi ketiga syarat berikut. Sebuah Kerajaan mempunyai wilayah kekuasaannya. Sebuah Kerajaan memiliki warga atau penduduknya. Sebuah Kerajaan memiliki aturan yang mengatur untuk kebaikan bersama dan keselamatan bersama.



Yesus adalah Raja Semesta Alam. Yesus sebagai Raja memiliki Wilayah, memiliki anggota dan memiliki aturan yang mengatur anggota. Wilayahnya adalah wilayah dalam arti rohani atau spiritual. Di mana saja orang yang percaya kepadaNya adalah merupakan wilayahNya. AnggotanNya adalah setiap orang yang mendengarkan Sabda Kebenaran Allah adalah saudara-saudariNya. Aturan yang mengatur adalah hukum Cinta Kasih dalam Pelayanan sebagai terang dan garam dunia.




Dalam konteks seperti ini saya melihat Raja sebagai pemimpin. Karena Kerajaan direfleksikan dalam konteks Indonesia rasanya kurang kontekstual. Lebih kontekstual kalau Kerajaan itu dipandang dalam kacamata kepemimpinan. Dua wilayah atau Konteks kepemimpinan itu adalah konteks kepemimpinan sipil maupun spiritual.


Kompas, Sabtu, 24 November 2012, hal. 2, menulis tentang pemimpin masa lalu dan pemimpin sekarang serta  pemimpin masa depan, yang diharapkan di Indonesia adalah sebagai berikut.


Pemimpin masa lalu dan sekarang adalah pemimpin yang hanya membangun Jawa dan Sumatera dan pembangunan berdasarkan Anggaran Pendapatan Daerah Bruto, bukan berdasarkan pemerataan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka pemimpin masa depan, harus membangun Indonesia berdasarkan pemerataan negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemimpin masa lalu dan sekarang menjadi pemimpin mengejar kekuasaan bukan melayani masyarakat umum untuk kesejahteraan bersama. Maka pemimpin masa yang akan datang diharapkan memimpin untuk melayani masyarakat umum untuk kesejahteraan yang adil dan merata. Dalam konteks seperti ini kita bertanya, apa yang membedakan pemimpin sipil dengan pemimpin rohani?     


Pemimpin Rohani memiliki kewibawaàn karena memimpin untuk melayani umat demi kesejahteraan bersama dan keselamatan umat melintas batas, bukan mencari kekuasaan, mencari nama, dan mencari  harta kekayaan duniawi.  Kata dan perbuatan pemimpin rohani yang senantiasa dijiwai kebenaran dan kebaikan, kejujuran dan transparansi manajemen, merupakan harapan umat pada umumnya. 


Pemimpin Rohani yang memiliki karakter pemimpin yang demikian adalah Yesus sendiri. Mana buktinya? Yesus menegaskan diri sebagai pemimpin spiritual yang diandalkan.  Yesus berkata kepada Pilatus : "... Aku adalah raja. Untuk itulah Aku datang ke dunia ini, yakni untuk memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku."  Yesus adalah Raja Kebenaran bukan raja kebohongan, kepalsuan, ketidakadilan, pemerasan, penindasan.  Setiap orang yang baik dan benar berdasarkan kehendak Yesus, mendengarkan SabdaNya yaitu Sabda Kebenaran. Tetapi setiap orang yang berbohong, memeras, menindas, melawan kehendak Yesus.                             


Kebenaran, kejujuran, transparansi, keadilan, kebaikan adalah soal manjemen hati nurani. Ekspresinya tampak di dalam realitas konkret sehari-hari dalam relasi sosial dengan sesama dan dengan Tuhan.  Orang yang memiliki dan mengekspresikan nilai-nilai itu adalah orang yang memberi tempat di hatinya bagi Kerajaan Allah.  Nilai itu adalah milik Allah dan hadir di dalam Yesus sebagai kehadiran Allah yang ilahi sekaligus insani, transenden sekaligus imanen, yang jauh sekaligus dekat, yang di surga sekaligus di bumi. Nilai-nilai itu adalah nilai universal.  Maksudnya nilai – nilai Kerajaan Allah itu diterima dan diharapkan oleh semua orang melintas batas.   



Pemimpin  yang memiliki nilai-nilai universal itu untuk kepentingan bersama, untuk kebaikan  bersama, serta untuk keselamatan umum, selalu menjadi cita-cita setiap manusia sepanjang zaman. Masa berlaku nilai Kerajaan Allah itu adalah sepanjang zaman, abadi. Maka tepat, Kerajaan Yesus adalah Kerajaan yang dijiwai Kerajaan Allah, yang mengalirkan nilai-nilai universal, sepanjang ségala abad. KerajaanNya adalah kekal, alfa dan omega. Karena itulah kita merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.


Kita adalah pemimpin. Pertama-tama adalah menjadi pemimpin diri sendiri. Memimpin diri dalam takaran kepemimpinan Yesus sebagai model pokok iman kita kepadaNya. Kepemimpinan Yesus secara terpusat pada keselamatan universal melintas batas. Sebagai orang yang beriman kepada Yesus, kita menjadi pemimpin diri dan sesama untuk keselamatan universal. Ketika kita menjadi pribadi yang memimpin untuk keselamatan umum melintas batas,maka Kerajaan Allah bertumbuh dan berkembang di dalam hidup dan lingkungan kita. Sebaliknya ketika kita memiliki pikiran yang sangat etnik, kita menjadi peluang subur bagi bertumbuhnya Kerajaan setan dan iblis yang menghancurkan.


Kita adalah Raja untuk diri sendiri. Kita Raja Kebenaran atau raja kejahatan?

Jumat, November 23, 2012

Kotbah Misa Harian, Sabtu 24 November 2012



ALLAH KEHIDUPAN
BUKAN KEMATIAN

 Why 11:4-12;  Luk 20:27-40
Misa Harian, Sabtu 24 November 2012
Di Biara St. Maria Ursulin Darmo Surabaya

P. Benediktus Bere Mali, SVD


Kelahiran adalah awal kehidupan babak pertama di dunia. Kehidupan babak kedua atau babak final diawali dengan kematian babak pertama.


Ada tiga kemungkinan untuk mengalami kehidupan babak kedua atau babak final.  Ada yang melewati jalan tol menuju surga tempat kehidupan yang abadi. Mereka yang langsung masuk surga adalah orang-orang yang menyiapkan diri dalam segi kerohanian secara lengkap dan utuh selama menjalani kehidupan babak pertama di dunia.


Ada yang melewati proses pemurnian di ruang antara yang berada antara kamar kehidupan babak pertama di dunia dan bilik kehidupan babak akhir di Surga. Proses permunian di ruang antara ini dikenal dengan ruang api pencucian. Mengapa disebut sebagai ruang antara? Disebut demikian karena ruang ini berada di antara kamar kehidupan babak pertama dengan kamar kehidupan babak final, dan dibatasi oleh tirai atau sekat yang ditembusi lewat kematian setelah kehidupan babak pertama. Mereka tidak melewati jalan mulus atau jalan tol menuju kehidupan babak final di surga dan harus melewati babak pemurnian karena mereka mengakhiri hidup di dunia ini tanpa melewati sebuah proses persiapan rohani yang matang dan lengkap. Karena itu mereka masuk di ruang antara itu untuk persiapan diri secara spiritual sebelum masuk ke dalam kehidupan babak final di Surga.


Bagaimana mereka mempersiapkan diri untuk memasuki surga? Mereka tidak dapat memurnikan diri sendiri dari lumpur dosa dan salah yang mengotori tubuh iman mereka. Mereka  sudah ada di ruang antara  yaitu ruang tempat pemurnian diri. Mereka sudah di ruang antara itu yang dibatasi tirai yang memisahkan antara ruang hidup kita di dunia dengan ruang hidup abadi di Surga.


Mereka melihat kita tetapi kita tidak melihat mereka secara fisik. Hanya dengan mata rohani kita dapat berkomunikasi dengan mereka. Hanya dengan mata iman kita dapat berdialog dengan mereka. Hanya dengan mata spiritual kita dapat kontak dengan mereka.


Bukan hanya kita yang dapat berkomunikasi dengan mereka tetapi juga para kudus dan para malaikat di surga dapat membangun komunikasi dengan mereka. Sarana paling utama berdialog dengan mereka yang ada di ruang antara adalah doa yang berpuncak di dalam Ekaristi. Di Dalam Ekaristi persatuan iman antara gereja ziarah dengan gereja jaya senantiasa mendoakan mereka yang ada di ruang antara.


Doa dan Ekaristi yang dipanjatkan kepada Tuhan memberi daya pengampunan atas dosa para penghuni ruang antara itu sehingga mereka yang dikotori oleh salah dan dosa, kembali dalam keadaan tubuh rohani yang bersih dan dengan berpakain hati yang bersih dalam artian spiritual, mereka boleh melewati tirai batas yang membatasi ruang antara dengan ruang jaya abadi, sehingga mereka mengalami kehidupan babak akhir di dalam Kerajaan Abadi di Surga. Artinya mereka yang tinggal di ruang antara karena masih kotor karena berkubang di dalam lumpur dosa itu tidak dapat membantu dan menyelamatkan diri sendiri, tetapi kita bersama para Kudus dan Para Malaikat di Surga dapat membantu dan menyelamatkan mereka dalam doa jemat gereja ziarah bersekutu dalam iman dengan Gereja Jaya Abdi di Surga.


Dasar iman kita adalah Allah adalah Tuhan Orang Hidup. Allah bukanlah Tuhan Orang Mati. Artinya dalam iman kepada Allah yang ada adalah kehidupan bukan kematian.