TAIS HOTA :
BANGUN PERSAUDARAAN ABADI
BUKAN KONFLIK
*P. Benediktus Bere Mali, SVD*
Ritus
adat tais hota adalah ritus adat yang membangkitkan kembali ingatan akan asal
usul setiap anggota suku Bunaq. Setiap anak suku Bunaq lahir dalam keadaan
telanjang. Lembaran kain adat sudah
disiapkan kedua orang tua untuk mentupi tubuh bayi yang lahir dalam keadaan
telanjang. Ritus adat Tais hota
membangkitkan kembali penghormatan anak terhadap orang tua. Anak mengucap
syukur kepada orang tua yang melahirkan dalam keadaan telanjang kemudian orang
tua menyiapkan kain adat sebagai penutup badan bayi anak yang baru lahir.
Siapakah
yang dimaksud dengan anak dan orang tua dalam Ritus Adat Tais Hota? Pertama-tama orang tua dan anak yang dimaksud
adalah orang tua kandung yang melahirkan kita sebagai anak. Ritus adat kematian
membangkitkan kesadaran atau ingatan penuh bahwa setiap orang bukan jatuh daru
langit atau tumbuh dari dalam tanah, tetapi dikandung dan dilahirkan oleh
seorang ibu. Setiap orang melalui adat ini menghormati orang tua yang
melahirkan.
Kedua
yang dimaksud dengan orang tua adalah MALU dan yang dimaksud dengan anak adalah
Aiba'a. Ritus adat Tais Hota adalah ritus menghormati anak terhadap orang tua.
Ritus abadi saling menghormati antara Malu dengan Aiba'a. Bentuk penghormatan
itu secara nyata. MALU menyediakan kain adat. AIBAA membeli Kain Adat. Pembeli
membeli Kain adat yang dijual dengan Harga Persaudaraan dan penghormatan. Tais
Hota membangkitkan ikatan persaudaraan abadi bukan konflik abadi. Setiap orang
boleh mengambil makna dengan melihat video TAIS HOTA berikut.
Tais
Hota khas Aueman SUKU BUNAK di Rumah Maria Bete Asa pada Senin 3 September
2012. Perekam P. Benediktus Bere Mali SVD.
Lihat Adat Tais Hota 1- 17 di
Youtobe : http://youtu.be/WbyAFqGMxUg dan http://youtu.be/kPC9JU7L-9g
Tais
Hota adalah satu bagian penting dari ritus adat kenduri Suku Bunaq. Adat
kenduri ini selalu disebut sebagai adat kematian. Sebutan ini kurang tepat.
Mengapa? Karena Kenduri Suku Bunaq bukan berpuncak pada kematian tetapi menuju
kehidupan. Kehidupan di dunia menuju kehidupan setelah kematian. Maka bagi saya
adat kenduri Suku Bunaq adalah bukan adat kematian tetapi adat kehidupan.